Helloo sobat-sobat semuaa, sesuai dengan postingan yang sebelumnya ya. Kali ini penulis akan membagikan tips sitasi menggunakan Mendeley. Jadi apa sih itu Mendeley? Mendeley sendiri ini merupakan semacam perangkat lunak atau software yang dapat sobat-sobat dalam mengorganisasikan sitasi atau referensi-referensi. Setiap sitasi akan disimpan dan dapat sobat-sobat gunakan kembali pada kesempatan yang lain. Langkahnya agak sedikit lebih susah dari Google Scholar. Yuk langsung aja ke pembahasannya dibawah ini sobat-sobat
Proses Unduh dan Installasi
- Pertama, sobat-sobat download dulu aplikasi desktop dari Mendeley ini di laman URL ini yah https://www.mendeley.com/download-desktop-new/. Jangan lupa sesuaikan dengan sistem operasi yang ada di laptop atau komputer sobat-sobat.
- Kedua, lakukan proses installasi dari hasil proses download. Jika sudah selesai maka akan muncul tampilan aplikasi Mendeley Desktop seperti pada gambar ini (note: setelah installasi baru aplikasi, pada bagian All Document seharusnya kosong)
- Keempat setelah berhasil install Mendeley web importer akan muncul icon Mendeley pada bagian kanan atas dari browser sobat-sobat. Lihat gambar untuk lebih jelasnya.
Proses Pencarian Paper dan Import Data Sitasi
- Setelah di-klik icon tadi akan muncul tampilan seperti pada gambar, Secara otomatis akan ada pilihan judul paper sesuai dengan tampilan website yang sobat-sobat buka.
- Check untuk judul paper yang sesuai dan klik icon pensil untuk melakukan proses editing lebih detail (icon pensil akan muncul setelah judul paper di-hover oleh mouse sobat-sobat). Keterangan lebih lanjut bisa dilihat pada gambar
- Berikut ini tampilan editing. Apabila sobat-sobat ingin mengubah informasi ataupun menambahkan informasi yang kurang bisa dilakukan disini. Jika sudah selesai mengubah atau menambahkan klik tombol 'Add'.
- Setelah ditambahkan, secara otomatis data sitasi tersebut akan masuk ke database aplikasi Mendeley. Untuk melihat penambahan data sitasi tersebut dapat dilakukan sync atau proses sinkronisasi atau istilah lainnya proses 'refresh' di aplikasi Mendeley Desktop dengan meng-klik tombol sync
- Cek judul paper yang baru ditambahkan apakah sudah tersimpan di aplikasi Mendeley Desktop.
Proses Memasukkan Sitasi ke Dokumen Ms. Word
- Untuk memasukkan sitasi ke Ms. word terlebih dahulu sobat-sobat cek untuk menu Reference pada Ms. word apakah sudah ter-integrasi dengan Mendeley atau belum, jika belum silahkan sobat-sobat lakukan proses integrasi terlebih dahulu, jika sudah tampilan menu Reference akan menjadi seperti pada gambar dibawah ini.
- Pilih jenis atau tipe format sitasi yang sesuai dengan kebutuhan sobat-sobat semua, Misalnya disini penulis menggunakan format Harvard style.
- Untuk menambahkan sitasi pertama tempatkan kursor di tempat yang akan ditambahkan sitasi lalu klik tombol 'insert or edit citation'
- Setelah di-klik akan muncul tampilan seperti berikut ini
- Cari judul paper yang sobat-sobat ingin tambahkan. proses pencarian bisa dengan kata kunci judul atau pengarang dari paper tersebut. Jika sudah sesuai klik OK
- Akan muncul hasil sitasi seperti pada gambar dibawah ini (note: menyesuaikan format sitasi yang sudah ditentukan sebelumnya)
Proses Membuat Daftar Pustaka dari Sitasi yang Telah dimasukkan
- Nah ada satu lagi nihh, proses terakhir yaitu menambahkan daftar pustaka dari sitasi yang telah ditambahkan. Caranya mudah banget yaitu mengarahkan kursor ke tempat yang akan ditambahkan daftar pustaka, lalu klik tombol 'insert Bibliography'
- dan akan muncul hasil daftar pustaka otomatis seperti pada gambar dibawah ini (note: menyesuaikan format sitasi yang sudah ditentukan sebelumnya)
Nah demikian tutorial penggunaan Mendeley Desktop dan Mendeley Web Importer untuk manajemen sitasi. Jadi apabila sobat-sobat sudah menyimpan data sitasi maka sitasi tersebut dapat digunakan berulang kali dikemudian hari dengan lebih mudah dan otomatis. Mungkin agak terlihat panjang dan ribet di awal, akan tetapi akan sangat memudahkan setelahnya karena proses nya dapat memudahkan dari awal menyimpan refrensi, memasukkan sitasi ke dokumen sampai pada membuat daftar pustaka. Okey selamat mencoba sobat-sobat semua. Semoga bermanfaat, kurang lebih nya penulis mohon maaf, dan sampai bertemu di postingan blog selanjutnyaaa. Terimakasih